Langganan Artikel

Follow Now.....!

Kamis, 09 Mei 2013

Aku Keriting dan Hitam, Aku orang Papua, dan Aku Bangga

Banyak alasan seorang artis memutuskan untuk maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) di Pemilu 2014. Penyanyi Jazz asal Papua Edo Kondologit memutuskan maju menjadi caleg karena keterpanggilan hatinya melihat tanah kelahiran yang tak kunjung sejahtera.

Edo menceritakan, dirinya kerap menyanyikan lagu tentang Papua yang indah dan kaya akan sumber daya, namun dia miris melihat kenyataan masyarakat Papua tidak sejahtera.

"Saya sebagai seniman Papua, selalu menyanyikan lagu Papua. Aku keriting dan hitam, aku Papua, tanah Papua kaya, jadi kebanggaan. Tapi tidak membuat Papua lebih baik. Masalah keterbelakangan dan kemiskinan tidak selesai di sana," ujar Edo di Gedung DPD Jakarta, Jumat (3/5/2013).

Melihat kondisi demikian, Edo yang sudah sejak 2007 menjadi kader dan pengurus DPP PDIP itu akhirnya memutuskan untuk maju kembali sebagai caleg, setelah Pemilu 2009 lalu gagal menjadi caleg di Dapil Papua Barat.

Edo menuturkan persoalan otonomi khusus (otsus) Papua masih menjadi sorotan dirinya. Menurutnya, sistem yang tidak benar menjadikan otonomi khusus di Papua yang seharusnya menjadi roh keberpihakan kepada masyarakat asli Papua justru tidak berjalan dan tidak menyentuh masyarakat bawah.

"Dana otsus itu besar sekali, ibarat seperti hujan uang, tapi ada pohon besar yang menampungnya sehingga tidak sampai ke bawah," kata Edo.

Jika persoalan Papua tidak kunjung diperbaiki, Edo khawatir hal itu akan menjadi isu internasional yang dikhawatirkan akan mengganggu NKRI. "50 tahun Papua bergabung dengan Indonesia tapi belum ada gunanya. Kalau kita tidak perbaiki ini bisa jadi isu internasional yang bisa mengobok-obok Papua," ucapnya.

Untuk berjuang menjadi wakil rakyat, Edo telah mempersiapkan diri sejak 2007 dengan mengikuti kerja-kerja politik di PDIP, selain itu dia juga telah menyiapkan sejumlah dana untuk kampanye di daerah pemilihannya.

"Saya tidak punya biaya besar. Yang jelas ada dananya, saya punya uang. Kita mau perang harus punya peluru dong masa enggak punya. Saya beruntung diundang nyanyi, gratis bolak balik ke Papua," tutupnya.

Sumber: chiliblub

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More