Langganan Artikel

Follow Now.....!

Kamis, 01 Agustus 2013

tips merawat gigi di saat puasa

Sudah pasti kita sering mendengar mengenai tidak dianjurkannya perawatan gigi saat sedang berpuasa karena dikhawatirkan ada cairan yang tertelannya yang akan membatalkan puasa. Padahal, selama berpuasa kesehatan gigi juga harus tetap diperhatikan selain untuk menjaga kebersihan, perawatan gigi yang baik juga akan menunjang rasa percaya diri seseorang. Lalu bagaimanakah perawatan gigi yang baik saat berpuasa menurut dokter gigi?

“Sebetulnya batal puasa itu kan karena makan atau minum. Menurut saya kalau cuma bersihin karang gigi, kumur-kumur, tidak masalah asal jangan tertelan. Selama bulan puasa kesehatan gigi kan harus tetap dijaga,” tutur Prof Heriandi Sutadi, drg, SpKgA (K), PhD, spesialis kedokteran gigi anak, Rabu (17/7/2013).
Prof Herdiadi juga menambahkan jika pasien tetap bisa melakukan perawatan gigi ke dokter gigi, tidak hanya membersihkan karang gigi, penambalan gigi juga bisa dilakukan asalkan tidak menelan apapun saat melakukan perawatan. Tidak mungkinkan jika kita harus terus menahan rasa sakit selama sebulan penuh karena takut mengganggu jadwal puasa.

“Sedangkan untuk mengatasi masalah infeksi, ada sebagian ulama yang mengatakan bahwa mengatasi infeksi dengan memberi suntikan dari mulut tidak apa-apa, tapi saya tidak tahu juga bagaimana pastinya,” ujar Prof Heriandi, yang pernah menjabat sebagai Ketua Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia (IDGAI).
Mengenai obat yang akan diberikan tetap sesuai dengan dosis yang dibutuhkan olwh pasien hanya saja untuk waktu pwminuman obat diserahkan kepada pasien. Jika tidak ingin mengganggu puasa, obat bisa diminum sesuai dengan jadwal sahur dan berbuka.

“Kalau minum obat kan ada yang sehari 1 kali, 2 kali, dan 3 kali. Misalnya antibiotik, kan ada yang harus diminum 2 kali sehari. Jadi, ya pasien tinggal pilih dan disesuaikan antara jadwal selama puasa dengan jadwal obat yang diperlukan,” tutur Prof Heriandi.

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More