Langganan Artikel

Follow Now.....!

Selasa, 08 Januari 2013

Cara Menjaga perasaan orang lain

Post terbaru  Chiliblub => Menjaga perasaan orang lain tuh sulit , baik yang dah deket, baru kenal, sahabat, keluarga maupun pacar/suami/istri.
terutama yang jadi sorotan dalam jaga perasaan ini biasanya dari perkataan atau sikap kita yak.
Kadang tanpa sadar, kita melukai perasaan seseorang, entah itu lewat tindakan atau juga lewat kata-kata.
mungkin menurut kita ga mau sok kenal, menurut orang lain nyuekin.
Yang menurut kita kata-kata tegas, malah menurut orang lain adalah suatu bentakan.

ya memang harus bisa menenpatkan posisi menjadi orang lain...sebelum berucap dan bertindak dipikir cepat dulu...bagaimana jika kita mendapat perlakuan yang akan kita lakukan,,beberapa cara menurutku adalah:
- berusaha dengan sehalus mungkin dalam berinteraksi dengan orang lain
- jika timbul salah paham, misalnya menurut kita biasa saja dalam berkata,, tetapi menurut orang lain itu menyakitkan, maka kita harus harus bisa 'peka' dan juga 'tanggap'.. artinya kita peka..kita sadar bahwa apa yang kita lakukan/ kita ucapkan itu melukai perasaan orang lain..dan setanggap mungkin dengan sesegera kita meminta maaf pada orang yang telah kita sakiti.
- berusaha menjadi pendengar yang baik untuk keluhan orang lain...walau tidak memberi solusi.. dengan bersikat mendengarkan dengan seksama dan menyimak apa yang dikatakan orang lain pada kita itu jauh lebih penting.
- menjaga perasaan juga termasuk menjaga sopan santun, Misalnya saja jika ada dua orang yang sedang duduk, janganlah duduk diantara mereka tanpa memohon izin terlebih dahulu.
- jika kita sedang bertiga, janganlah berbisik / berbicara berdua saja tanpa mengikutsertakan orang yang ketiga, karena dapat menyinggung perasaan orang yang ketiga itu, terkecuali jika sedang berada di tengah-tengah orang banyak.
- mengenali dan menghargai perbedaan karakter manusia..jadi kita bisa menyesuaikan bagaimana seharusnya kita bersikap terhadap masing2 karakter orang tersebut
- tahu dengan siapa kita bicara, gender, usia juga salah satu bahan yang jadi pertimbangan untuk kita bersikap
- tidak menyikapi suatu permasalah dengan berlebihan
- kendalikan mata => jika kita melihat suatu kejanggalan/ keanehan pada diri seseorang, janganlah kita memandang dengan tampang aneh dan sinis...cukup lihat biasa saja,,,dan palingkan muka..jangan memandangnya terus menerus
- jika kita menemukan kesalahan/ kejelekan orang lain lalu kita ingin memberirtahukannya.. jangan sekali pun memberitahukan kejelekan orang lain itu pada orang yang lain lagi...atau jangan memberitahukan kejelekan orang tersebut di depan orang lain...langsung tepat sasaran saja yang maksudnya..langsung saja kita beritahukan pada yang bersangkutan dengan nada ringan tanpa ada maksud mencela, tentunya jangan lupa, minta maaf/ permisi dulu sebelum memberitahuikannya..




Sumber:Chiliblub

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More