Langganan Artikel

Follow Now.....!

Sabtu, 16 Februari 2013

Hujan meteor bulan Januari 2013

Hujan meteor bulan Januari 2013 ini terjadi di awal pembukaan tahun baru. Fenomena Hujan meteor jatuh ini bersifat tahunan dinamakan Quadrantid dan bisa jadi fenomena yang indah . Quadrantid adalah hujan meteor dengan aktivitas yang tinggi (120 meteor / jam). Dari berbagai berita terbaru, biasanya terjadi setiap tahun antara tanggal 1 hingga 5 Januari, dan akan mencapai  puncaknya sekitar malam 3 Januari. 
 
hujan meteor 2013 januari quadrantid
Untuk melihat hujan meteor jatuh ( meteor shower ), kita tidak perlu menggunakan teleskop atau teropong. Agar terlihat jelas, carilah di tempat yang tinggi dan jauh dari lampu. Jadi kalau kamu melihatnya di tengah kota yang banyak lampu, mungkin pemandangan ini terlihat tidak begitu bagus. Para astronom dan pengamat memprediksi dalam fenomena ini setidaknya ada 60 hingga 200 meteor yang jatuh per jam. Rata – rata sekitar 120 ( seratus dua puluh)
Meteor adalah partikel kecil dari batu dan logam yang berjalan pada orbitnya mengelilingi matahari. Hujan meteor atau biasanya orang menyebutnya bintang jatuh, pada umumnya terjadi ketika Bumi melintasi dekat orbit sebuah komet dan melalui serpihannya. Meteoroid memasuki atmosfer bumi dengan kecepatan tinggi dan hancur sebelum mencapai permukaan bumi. Serpihan yang bisa mencapai ke permukaan Bumi dinamakan meteorit.

Fenomena yang terjadi pada hujan meteor awal tahun 2013
Agar terlihat, meteor harus berada dalam sekitar 120 mil (200 kilometer) dari pengamat.
Meteor terlihat pada ketinggian rata-rata 55 mil (90 km). Hampir semua terbakar sebelum mencapai ketinggian 50 mil (80 km).
Meteor terang yang khas menghasilkan partikel dengan massa yang kurang dari 1 gram dengan tidak lebih besar dari kacang.
Meteoroid memasuki atmosfer dengan kecepatan antara 50.000 dan 165.000 mph (265.000 81.000 km / h).
Fenomena lainnya pada bulan – bulan terentu di tahun 2013
Quadrantid     malam 3 Januari   
Lyrids     malam tanggal 21 April    
Eta Aquarids     malam 5 Mei     
Perseids     malam 11 Agustus   
Orionids     malam tanggal 20 Oktober   
Leonids     malam tanggal 17 November   
Geminids     malam tanggal 13 Desember
Sumber: Astronomy.Com .

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More