Langganan Artikel

Follow Now.....!

Rabu, 09 Mei 2012

Mobil terunik di dunia dengan berbagai otomotif

Bengkel modifikasi di Bekasi ini sangat eksklusif. Mereka mengerjakan mobil apa saja, yang kelak dibentuk menjadi mobil apa saja tergantung kemauan konsumen.



















Rolls-Royce Phantom 'Mandi' Emas 120 Kg

Liverpool - Pada dasarnya mobil asal Inggris Rolls-Royce sudah mewah. Mendengar namanya saja pasti kita sudah terkesan mobil mahal. Namun kalau mobil mewah ditambah MiniCAT, Tata Nano Bertenaga Angin dengan emas sebanyak 120 kg apa jadinya?

Adalah rumah modifikasi Stuart Hughes berpusat di Liverpool, Inggris yang mencoba membuat Rolls-Royce Phantom hingga bernilai lebih mewah dengan balutan emas di eksterior dan interior dengan tema "Spirit of Ecstasy."

Seperti dilansir autoevolution, Jumat (5/8/2011) ide sebenarnya adalah dari distributor mobil Inggris Eurocash AG di Zug Switzerland. Distributor tersebut mendapatkan pesanan dari konsumen (tidak disebutkan namanya) yang meminta mobilnya ingin tampak berbeda dari Rolls-Royce Phantom lainnya.

 

MiniCAT, Tata Nano Bertenaga Angin

New Delhi - Pabrikan mobil India sepertinya ingin merubah citra dari pabrikan mobil murah menjadi pabrikan mobil ramah lingkungan. Kini Tata Motors membuat gebrakan dengan mengembangkan sebuah mobil berbahan bakar angin!

Setelah sebelumnya memperkenalkan Tata Indigo e-CS VX yang diklaim sebagai sedan bermesin bensin teririt di India, Tata Motors sepertinya tidak mau berhenti berinovasi,

Menggunakan basis mobil termurah sejagat, Tata Nano, Tata Motors mengembangkan sebuah mobil baru yang dinamakan Tata miniCAT. Sebuah mobil yang menggunakan angin yang sudah dikompresi sebagai sumber tenaganya.

Mobil ini seperti detikOto kutip dari Rushlane, Sabtu (1/10/2011) merupakan jawaban Tata Motors menghadapi kenyataan kenaikan harga bensin yang terus terjadi saat ini.

Tata MiniCAT dikembangkan oleh mantan engineer Formula 1 bernama Guy Nigre dan diharapkan akan bisa diproduksi sebanyak 6.000 unit.

Untuk harganya, Tata berharap MiniCAT ini tetap dapat dilepas dengan harga yang relatif terjagkau yakni hanya US$ 8.177 atau sekitar Rp 74 jutaan saja,

Tata MiniCAT yang dikembangkan oleh Tata Africa dan diharapkan akan menjadi mobil mungil yang cocok digunakan sebagai mobil perkotaan.

Mobil ini mampu berjalan sejauh 300 km bila tangkinya terisi penuh dan hanya perlu US$ 2 untuk mengisinya kembali bila sudah habis.

Tubuhnya yang mungil dengan garis sederhana dibangun dari bahan fiberglass dan diperkirakan akan dapat berlari hingga kecepatan 105 km/jam.  


Aneh Bin Ajaib, Mobil Sedan Bisa Muat di Mobil Van img


Seperti dilansir jalopnik, Kamis (16/6/2011), tadinya polisi Jerman menghentikan mobil van ini di jalan bebas hambatan Autobahn.

Polisi menghentikan mobil bernomor plat Kazakhstan itu karena pintu belakangnya tidak tertutup sempurna. Dan mereka pun langsung tahu alasannya. Ada mobil sedan di dalam mobil van!

Saking penuhnya, pintu belakang mobil van tersebut tidak bisa tertutup rapat. Entah bagaimana caranya mobil sedan itu dimasukkan kedua pria tadi dalam posisi miring. Namun agar tidak menggores bodi sedan kedua sisi mobil sedan diberi pelapis. Bemper mobil sedan itu pun hampir menyentuh dashboard mobil van.

Polisi sempat bertanya-tanya bagaimana cara pria tersebut hingga Mazda 626 berada di dalam mobil van. Sedan tersebut masuk dengan kondisi miring. Agar bodi samping tidak tergores, pria itu menggunakan kasur dan kain.

Usut punya usut ternyata mobil sedan itu baru saja dibeli dari showroom. Alih-alih menggunakan truk untuk mengangkut mobilnya, pria itu malah memasukkan mobil barunya ke mobil van. Susah betul pastinya.

Tetapi kenapa tidak dikendarai sendiri saja ya?

 

VW Uji Coba Mobil Teririt di Dunia

Ingolstadt - Proses kelahiran mobil yang diklaim bakal menjadi mobil teririt dunia yakni VW XL1 mulai terlihat. Mobil dengan konsumsi bahan bakar 1:111 km itu pun tertangkap kamera ketika tengah diuji coba di dataran salju di Eropa.

Uji coba mobil bertampang aneh tersebut menandakan jika pabrikan asal Jerman VW bertekad untuk membawanya ke jalur produksi pada 2013 mendatang.

Seorang tester terlihat di dalamnya dengan tidak menggunakan pengaman helm. Oleh pihak produsen, wajah Volkswagen XL1 sama sekali tidak disamarkan, VW benar-benar membuka wajah XL1 agar setiap parasnya terlihat.

Seperti dilansir autoevolution, Selasa (20/3/2012) VW XL1 diperkuat mesin 800 cc TDI 2 silinder diesel common-rail yang menghasilkan tenaga 47 dk. Mesin tersebut dikawinkan dengan dengan motor listrik berkekuatan 26 dk, jadi jika ditotalkan menghasilkan tenaga 74 dk.

Penggerak tersebut transmisi DSG 7 percepatan. Nah, mobil 2 penumpang tersebut ternyata sangat ringan. Berat kosong mobi tersebut hanya 795 kg.

VW XL1 memiliki kecepatan maksimal 160 km/jam dan diklaim berlari dari 0-100 km/jam dalam hitungan 11,9 detik.

VW sesumbar jika XL1 memiliki tingkat konsumsi BBM yang rendah yakni 1:111 km. Karenanya XL1 sangat ramah lingkungan dengan bahan bakar emisi karbon dioksida 24 gram per km.

Saat ini VW XL1 digadang-gadang sebagai mobil masa depan VW, sekaligus menjawab keinginan konsumen atas mobil unik yang stylish, ringan dan ramah lingkungan. Jadi tidak hanya sebatas mobil besar yang rakus BBM.

 

Tim Mobil Irit UGM Siap Bantu Esemka

Yogyakarta - Selain Institut Teknologi Sepuluh Nopember, tim mobil irit Universitas Gadjah Mada (UGM) yakni Semar sanggup memberikan pendampingan dan asitensi terhadap mobil Esemka mulai dari proses desain sampai standarisasi. Asistensi yang akan diberikan mulai dari desain, analisa kekuatan hingga pengujian komponen utama seperti sasis demi perkembangan dunia otomotif nasional. "Kami siap mendampingi mulai dari proses desain hingga standarisasi," kata Dr Jayan Sentanuhady kepada wartawan di kantor jurusan Teknik Mesin dan Industri Fakultas Teknik UGM, di Yogyakarta, Rabu (11/1/2012). Menurut Jayan, semua komponen harus distandarisasi. Untuk melakukan pengujian tersebut juga membutuhkan dana yang besar hingga miliaran rupiah. Oleh karena itu perlu adanya peran dari pemerintah dan universitas untuk melakukan asistensi mulai dari proses desain, analisa kekuatan dan struktur, produksi, pengujian sesuai standar. "Itu semua harus dilakukan pemerintah. Dan dengan membeli produk Esemka, maka Esemka akan memiliki cukup uang untuk mengembangkan komponen buatan sendiri," kata doktor lulusan Universitas Saitama Jepang itu. Menurut dia, yang dilakukan oleh Esemka saat ini lebih ke industri karoseri bodi yang kemudian menggabungkan beberapa komponen dari berbagai merek menjadi satu wujud kendaraan. Cara seperti itu adalah cara reverse engineering yang umum digunakan untuk industri yang sedang berkembang. "Sebab sangat tidak mungkin industri yang baru lahir harus mendesain atau membuat ribuan komponen," kata Jayan yang tengah mengembangan mobil dengan konverter gas itu. Yang jelas lanjut dia, tidak ada industri otomotif manapun yang tahap awalnya tidak dibantu oleh pemerintah. Bantuan maupun asistensi itu tidak hanya proses engineering saja. Namun juga masalah pemasaran juga harus dibantu termasuk pemerintah juga harus melakukan proteksi pasar. Universitas dapat membantu melakukan desain-desain komponen yang sifatnya tinggat tinggi dari sisi desain, material dan produksi supaya tidak melanggar hak cipta perusahaan atau orang lain. "Kalau kendaraan bapak-bapak camat menggunakan mobil Esemka, maka Esemka akan lebih cepat untuk berkembang dari sisi kualitas, karena dengan penjualan yang baik akan punya lebih banyak uang untuk meningkatkan kualitas," katanya. Jayan menegaskan tidak ada produk yang langsung bagus 100 persen. Pabrikan-pabrikan besar saja masih sering menarik produknya karena kegagalan desain atau produksi.

Sumber:chiliblub

1 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More