Langganan Artikel

Follow Now.....!

Senin, 07 Mei 2012

Tokoh Senior Al Qaeda Tewas di Yaman

Sanaa, (Analisa). Kelompok militan al-Qaeda, Senin (7/5), melancarkan serangan mendadak terhadap sebuah pangkalan militer Yaman di selatan, menewaskan sedikitnya 32 tentara dan menangkap 25 lainnya.
Mereka melakukan aksi berani tadi tepatnya beberapa jam setelah serangan pesawat tak berawak AS menewaskan seorang tokoh senior dalam jaringan teror yang menjadi buronan terkait kasus pemboman tahun 2000 terhadap kapal perusak USS Cole di Yaman.

Sejauh ini tidak jelas diketahui apakah serangan sebelum dinihari terhadap pangkalan militer di propinsi Abyan, Yaman selatan itu dilakukan sebagai balas dendam atas kematian Fahd al-Quso, pemimpin senior al-Qaeda yang tercantum pada daftar buronan FBI.

Militan tadi berhasil mencapai pangkalan itu baik dari laut maupun darat, menembak mati pasukan dan menyikat senjata serta peralatan militer lainnya setelah melakukan serangan kilat.

Pasukan pemerintah akhirnya membom posisi-posisi militan di daerah lain negara itu di Abyan, menewaskan 16 militan, ujar para pejabat, yang meminta dirahasianak namanya karena mereka tidak berhak berbicara kepada media.

Fahd Muhammad Ahmed Al-Quso tewas dalam serangan udara di Provinsi Shabwa, satu daerah suku yang dikuasai gerilyawan, kata pihak berwenang Yaman.

FBI mengaitkan Al-Quso dengan pemboman tahun 2000 terhadap kapal perusak Angkatan Laut AS Cole, yang menewaskan 17 orang.

Departemen Luar Negeri telah menawarkan hadiah sebesar lima juta dolar AS untuk informasi yang mengarah pada penangkapan atau penghukumannya.

Seorang juru bicara untuk kelompok Al Qaeda di Yaman selatan mengkonfirmasi kematian Quso.

Yaman mengalami peningkatan tindak kekerasan di selatan sejak Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi memegang tampuk pimpinan pada Pebruari. (AP/Rtr/es/ Ant/RIA Novosti-0ANA)

Sumber:chiliblub

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More