Langganan Artikel

Follow Now.....!

Minggu, 15 April 2012

Awas, Jangan Percaya Pada Kunci UN yang Beredar

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) bidang Pendidikan Musliar Kasim mengingatkan kepada seluruh peserta Ujian Nasional (UN) agar jangan percaya pada kunci ujian nasional yang beredar.

“Justru kalau percaya pada kunci yang beredar maka akan rugi sendiri,” tegas Musliar saat ditanya wartawan terkait isu peredaran kunci jawaban Ujian Nasional 2012, di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (14/4/2012).

Pada pelaksanaan, jelas Musliar, UN setiap ruang kelas hanya ada 20 peserta. Untuk 20 peserta itu terdapat lima tipe soal yang berbeda. “Tentu yang menjadi pertanyaan nanti, kunci soal mana? Selain itu, kunci-kunci itu diedarkan oleh mereka yang sengaja menjelekkan citra UN,” ujarnya.

Kita bisa saksikan, kata Wamendikbud, soal-soal dikemas secara baik. Jika ada pihak yang berupaya merusak kemasan itu maka akan kelihatan. Kemasan itu hanya dimiliki percetakan bersangkutan, dan telah terspesifikasi tersendiri. Sehingga mustahil, ada soal yang didapat oleh orang lain untuk mengerjakan soal-soal tersebut. “Artinya kunci soal ujian itu hanyalah main-main saja, dan jangan percaya,” tegas Musliar Kasim.

Selain itu, kata Musliar Kasim lagi, peserta UN tidak perlu cemas terhadap kelulusan. Karena kelulusan sudah ditentukan oleh nilai sekolah. “Nilai sekolah memiliki bobot 40 persen. Sehingga untuk tidak lulus, kemungkinan kecil sekali,” ungkapnya.

Pada dasarnya, lajut dia, UN merupakan ajang penting untuk mengevaluasi sampai di mana proses pembelajaran bisa dicapai. “Sekaligus sebagai pemetaan sekolah dan kemampuan daerah dalam hal pendidikan,” jelasnya.

Seperti diketahui, UN 2012 akan digelar secara serentak pada Senin 16 April pekan depan. Seperti ujian pada tahun-tahun sebelumnya, jelang ujian kerap beredar kunci jawaban yang menyesatkan peserta ujian

Sumber:chiliblub

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More