Langganan Artikel

Follow Now.....!

Minggu, 15 April 2012

Duh!! Kunci Jawaban Ujian Nasional Beredar Via SMS


ilustrasi penyebaran jawaban unas via sms
Sejumlah pelajar di Jombang mendapatkan paket kunci jawaban Ujian Nasional (Unas) via SMS (Short Message Service). Kunci jawaban itu diterima para pelajar mulai tadi pagi untuk semua paket, IPA, IPS, dan Bahasa Indonesia. Kuat dugaan, kunci jawaban Unas ini terkait dengan transaksi jual beli kunci sebelumnya.

Lumatul Fitriyah, salah peserta Unas mengatakan, ia mendapatkan kiriman jawaban Unas melalui SMS. Ia tidak sendiri. Sejumlah temannya juga mendapatkan kiriman serupa secara berantai. "Pagi tadi saya mendapatkan SMS yang berisi jawaban Unas untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jawaban itu lengkap untuk semua paket, yakni A-B-C-D-E," kata Fitriyah sembari menunjukkan SMS yang dimaksud, Minggu (15/4/2012).

Fitriyah dan teman-temannya sebenarnya tidak yakin dengan bocoran tersebut. Oleh karena itu, ia kemudian melaporkan hal itu ke Dewan Pendidikan setempat. "Yang saya terima kunci jawaban untuk mata pelajaran yang diujikan Senin, yaitu Bahasa Indonesia. Saya sudah melapor ke Dewan Pendidikan," kata Fitriyah mengulang.

Ketua Dewan Pendidikan Jombang, KH Junaidi Hidayat, membenarkan temuan itu. Untuk itu, pihaknya mendesak semua pihak, termasuk Dinas Pendidikan dan Kepolisian, untuk segera menindaklanjuti dugaan kebocoran soal ujian tersebut. Dewan Pendidikan khawatir, kondisi itu akan mengacaukan pelaksanaan Unas di Jombang.

Sumber:chiliblub

Junaidi menambahkan, sebelumnya Dewan Pendidikan sudah melakukan penelusuran terkait sinyalemen jual beli soal dan kunci jawaban yang harganya sekitar Rp 7,5 juta.

"Dari hasil analisa beberapa tahun sebelumnya, kunci jawaban yang beredar dipastikan benar dan sesuai dengan soal yang diujikan," ujar Junaidi sambil menunjukkan kunci jawaban via SMS yang dimaksud.

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More