Follow Now.....!

Kamis, 01 Maret 2012

Inilah Perjalanan Hidup Steve Jobs

Sang maestro gadget Steve Jobs menghembuskan nafas terakhirnya Rabu malam waktu setempat. Banyak yang diwariskan oleh pria ini dalam membesarkan Apple. Dia akan dikenang sebagai bapak iPhone revolusioner yang mampu mendobrak pasar.
Berikut perjalanan hidup Steve Jobs sampai akhir hayatnya,

1955 Februari - Lahir di San Fransisco, California. Diadopsi oleh Paul dan Clara Jobs dan memiliki adik bernama Patty. Jobs tumbuh besar di California Utara dan dari kecil tertarik pada elektronik dan gadget, terlihat saat menghabiskan waktunya di garasi tetangganya yang bekerja di Hewlett-Packard, perusahaan manufaktur elektronik.

1972 - Lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA). Lalu melanjutkan kuliah di Reed College, Portland-Oregon. Namun dikeluarkan dua tahun kemudian.

1976 - Bekerja sama dengan Steve Wozniak dengan mendirikan perusahaan computer yang bernama “Apple”. Mengeluarkan model pertama bernama “Apple I”, yang merupakan produk revolusioner dalam teknologi komputer pada saat itu, di mana komputer menjadi lebih kecil, harganya murah, intuitive, dan dapat dimiliki oleh setiap orang.

1977 - mengeluarkan “Apple II” dengan penjualan tahun pertama sebesar USD2,7 juta, dan berkembang menjadi USD200 juta selama tiga tahun. "Apple II" menciptakan pasar baru dalam dunia personal computer (PC).

1980an - Mengeluarkan “Apple III”, namun mengalami kegagalan dan ditarik dari pasar karena masalah pemasaran dan teknikal. Selain itu pada tahun tersebut Apple menjadi perusahaan publik yang memiliki aset senilai USD1,2 miliar pada saat hari pertama perdagangan.

Awal 1983 - Meluncurkan “Lisa” yang menyasar kelompok masyarakat yang memiliki sedikit pengalaman tentang komputer. Tidak berjalan mulus, karena kalah bersaing dengan produk yang diluncurkan oleh IBM (International Business Machines). Pada tahun ini kehilangan setengah market share yang dikuasai oleh IBM

1984 - Apple meluncurkan “Macintosh” pertamanya.

1985 - Mengundurkan diri dari Apple dan membentuk perusahaan yang bernama NeXT yang berfokus pada pasar pendidikan.

1986 - Steve Jobs membeli perusahaan kecil bernama Pixar, bersama Edwin Catmull yang bergerak pada animasi komputer, dari pembuat film George Lucas sebesar USD10juta.

1991 - Steve jobs menikah dengan Laurene Powell dan memiliki 4 orang anak.

1995 - Pixar mengeluarkan film “ Toy Story”, lalu “Toy Story 2”, disusul “A Bug’s Life”,

1996 Desember - Apple membeli NeXT sebesar USD400 juta. Lalu Jobs kembali ke Apple sebagai konsultan CEO.

1997 - Jobs mengumumkan Apple menjual secara langsung komputer melalui internet dan telepon. Dalam sepekan situs tersebut menjadi situs dagang terbesar ketiga di Internet.

1997 - Jobs menjadi CEO sementara Apple menggantikan Gil Amelio.

1998 Mei - Apple memperkenalkan iMac yang mengutamakan penampilannya

1999 Juli - Apple mengeluarkan iBook

2000 Januari - Apple mengeluarkan strategi baru bisnis internet yang tergabung dalam grup Macintosh, aplikasi berbasis internet dan pada bulan yang sama Jobs menjadi CEO permanent di Apple.

2001 - Pertama kali diperkenalkan iPod yang mengawali alat pemutar media digital.

2004 - Didiagnosa dokter mengidap kanker pangkreas dan melakukan operasi mengangkat tumor pangkreas.

2006 - Pixar bergabung dengan Walt Disney.

2007 - iPhone pertama kali diperkenalkan dan dipasarkan, dan memiliki beberapa jenis dalam perkembangannya seperti iPhone 3G, 3GS, dan iPhone 4.

2010 - Apple memperkenalkan iPad yang berfungsi sebagai e-Book Reader, musik, film, internet dan beberapa aplikasi program yang dimiliki PC.

6 Juni 2011 - Memperkenalkan ICloud dalam pembukaan Worldwide Developers Conference di San Francisco.

25 agustus 2011 - Jobs menggundurkan diri dari Apple dan digantikan oleh Tim Cook, yang bergabung di Apple tahun 1999)

5 Oktober 2011 - Steve Jobs meninggal pada usia 56 tahun karena penyakit kanker pankreas.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More