Langganan Artikel

Follow Now.....!

Kamis, 01 Maret 2012

Mouse Tidak Tepat Picu Penyakit

Lifestyle » Healthy Life

Selasa, 28 Peb 2012 - 12.44 WIB
mouse edit
Iustrasi - centroOne/istimewa
Tahukan Anda, bahwa mouse komputer ternyata bisa membahayakan kesehatan kita. Maka, berhati-hatilah Anda yang betah berjam-jam, bahkan seharian menggunakan komputer. Pasalnya, ada beberapa gangguan kesehatan akibat terlalu lama menggunakan komputer. Salah satunya adalah penyakit di pergelangan tangan akibat penggunaan mouse yang tidak tepat. Dikutip dari laman female health, berikut gangguan-gangguan kesehatan itu:

Carpal tunnel syndrome (CTS), yaitu sebuah gangguan yang terjadi pada pergelangan tangan kita. Karena sirkulasi darah tidak berjalan dengan benar, akhirnya banyak lemak yang menumpuk disana dan menyebabkan rasa sakit di sekitar pergelangan kita.

Carpal tunnel syndrome (CTS) adalah sebuah penyakit yang disebabkan karena terganggunya syaraf tengah, karena tekanan yang terjadi pada bagian pergelangan tangan. Hal ini menimbulkan rasa sakit, nyeri, dan melemahnya otot otot pada bagian pergelangan tangan.

Ya, penyakit ini sifatnya akumulasi yang akan kita rasakan dihari tua nanti. Hal yang penting adalah kenyamanan. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

1. Mouse Grip
Menggunakan mouse yang kecil mungkin terlihat imut, tapi mouse yang kecil sering membuat kita lelah, karena bentuknya yang kecil seluruh permukaan telapak tangan kita tidak menyentuh punggung mouse. Hal ini menyebabkan jari-jari kita cepat lelah dan pegal, karena jempol dan kelingking menahan dan menggerakan mouse. Sebaiknya, pilihlah mouse yang nyaman untuk dipegang, dimana seluruh permukaan tangan kita dapat memegang bersandar dan kita menggerakanya pun lebih mudah.

2. Pergerakan Mouse Dari Siku
Memang kalau diterapkan ini sangat susah untuk kita tapi menggerakan mouse denga menggaunakan suku adalah baik untuk kita, dimana semua pergerakan di titik tumpukan melalui siku tangan kita, ini akan meringankan pergelangan tangan kita dalam bekerja.

3. Posisi Mouse yang Optimal
Aturlah tempat duduk Anda senyaman mungkin untuk memegang mouse, bentuk posisi yang nyaman adalah tangan kita sejajar atau sedikit berada diatas meja posisinya daripada dengan mouse, sehingga dengan begitu kita tidak menggantung tangan kita dengan meja dan menghindari tangan kita untuk menekuk secara terus-menerus.

4. Jaga Pergelangan Tangan Anda
Coba Anda letakkan pergelangan tangan di sebuah meja yang datar. Anda akan melihat setelah bagian telapak tangan di bagian pergelangan tangan akan ditemukan sebuah lekukan kecil yang tembus cahaya ataupun Anda bisa selipkan sebuah pensil disitu, ini menyatakan bahwa areal sekitar pergelangan tangan Anda membutuhkan sebuah areal yang bebas dari sentuhan ataupun tekanan.

5. Jaga Sirkulasi Peredaran Darah
Hal ini perlu diperhatikan juga. Sebab, segala sesuatu penyakit kebanyakan disebabkan karena sirkulasi di dalam tubuh kita tidak benar. Untuk itu, kita harus selalu menjaganya dengan minum air yang banyak dan olah raga (badminton, bola basket dan olah raga yang lebih banyak menggerakan pergelangan tangan) tentunya. Seperti yang kita ketahui, kita banyak nadi utama yang bergerak dari pergelangan tangan, sehingga ini menjadi semakin penting.

6. Jangan Pakai Sandaran Pergelangan Tangan
Menggunakan sandaran untuk pergelangan tangan Anda, apalagi yang keras, sama saja artinya Anda memberi tekanan 2x lipat pada carpal tunnel di dalam pergelangan tangan, sehingga ini menyebabkan terjadi penyempitan pada bagian pembuluh pembuluh darah maupun syaraf hingga dengan adanya ini malah bisa mempercepat Anda terkena carpal tunnel syndrome (CTS).

7. Hindari Pergerakan Tangan yang Tidak Bebas
Biasanya kursi-kursi yang terdapat rest armnya memiliki karakteristik untuk meng-lock tangan kita, sehingga hal ini menyebabkan kita akan lebih sering menggunakan pergelangan tangan kita untuk menggerakan mouse.

8. Refleksi
Menggunakan mouse dan pc secara intens memang bukanlah hal yang baik, tapi ada baiknya jika Anda melatih agar dapat memberikan istirahat untuk tangan sekitar 2 menit untuk melakukan streching untuk tidak menyentuh mouse, ada juga software remindernya yang akan merekam penggunaan mouse dan kibor Anda disini Magnitude ErgoManager, Break reminder.

9. Bentuk Mouse
Carilah mouse yang hampir berbentuk Flat dan memiliki ukuran yang hampir sama dengan tangan kita, seperti mouse dari vendor ini Whale mouse atau Perfit mouse, karena mouse ini lebih memacu Anda untuk menggerakan tangan daripada pergelangan tangan.

Oleh: female health - Editor: Ary Nugraheni

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More